Sejarah

Yayasan Pendidikan Islam (YPI) An-Nizhomiyah adalah sebuah institusi pendidikan berbasis agama Islam. Awal berdirinya An-Nizhomiyah hanyalah sebuah kegiatan pengajian anak-anak  yang diasuh oleh Almarhum Ustaz H. Abd Somad, setelah nyantri  beberapa tahun lamanya dan berguru kepada Almarhum K.H. Baisuni Hasyim di Pondok Pesantren  An-Nizhomiyah di Desa Rowasidkin Cicurug Sukabumi, maka pada Tahun 1954  beliau kembali ke kampong halaman di Cilodong Desa Kalibaru Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Atas ijin Pamannya Almarhum H. Abd Ghani yang pada saat itu menjabat sebagai kepala Desa, Ustaz H. Abd Somad mengajar agama  pada anak-anak di kampungnya dengan menumpang di gedung SDN kalibaru Cilodong.

Dengan bermodalkan tekad dan semangat yang tinggi, Ustad H. Abdussomad berusaha mendirikan sekolah agama yang saat itu sangat dibutuhkan masyarakat. Atas dukungan banyak pihak akhirnya pada  Tahun 1955 ia berhasil mendirikan Madrasah Ibtidaiyah An-Nizhomiyah dan atas ijin gurunya, diabadikanlah nama ”An-Nizhomiyah” untuk nama sekolah agama yang didirikannya tersebut dan sekolah agama ini adalah merupakan sekolah Agama yang pertama yang berdiri  di daerah Cilodong. MI An-Nizhomiyah Pada tahun 2007 berstatus terakreditasi A dengan Nomor  A/Kw .10.4 /MI/05/120/2007

Untuk membina warga sekitar terutama kaum ibu dan anak-anak, maka pada tahun 1959 Almarhun mendirikan pengajian anak-anak dan Kaum Ibu dengan wadah ”Majlis Taklim An-Nizhomiyah” . Ratusan anak setiap malam mengaji di tempat ini, demikian pula pengajian kaum ibu secara  rutin menimal 3 kali seminggu berlangsung di Majlis Taklim ini. Sepeninggal almarhum Pengajian ini dikelola oleh Ustazdah Hj. Nuriyah (Isteri Alm. K.H. Abd Somad). Selain mengasuh  Majlis Taklim An-Nizhomiyah Ustazdah Hj. Nuriyah juga setiap hari mengisi pengajian di berbagai tempat di wilayah Depok dan sekitarnya.

Setelah 32 tahun kegiatan belajar mengajar berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah, masih banyak masyarakat sekitar yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak wali murid berharap agar An-Nizhomiyah mendirikan sekolah lanjutan pertama untuk menampung alumni MI An-Nizhomiyah khususnya serta lulusan sekolah dasar pada umumnya yang berdomisili di daerah Cilodong dan sekitarnya.